Gawat! Kim Jong-un Mengancam: "Jika saya mau, penduduk New York bisa mati seperti babi panggang."





Uji coba rudal yang dilakukan Korea Utara berhasil memuaskan Kim Jong-un. Bahkan, Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, mengklaim bahwa ia bisa menyerang seluruh wilayah Amerika Serikat (AS).

Pernyataan itu dikeluarkannya setelah Korut melakukan uji coba rudal balistik antar benua terbaru.

"Kami telah menunjukkan kemampuan kami untuk menembakkan rudal balistik antar benua setiap saat serta tempat dan seluruh wilayah AS berada dalam jangkauan tembakan kami. Jika saya mau, New York dan penduduknya bisa mati seperti babi panggang," kata Jong-un seperti disadur Bloomberg dari kantor berita Korut, KCNA, Sabtu (29/7/2017).

Dalam laporannya, KCNA mengatakan tes tersebut merupakan bagian dari verifikasi akhir kemampuan teknis rudal Hwasong-14, termasuk jangkauan maksimumnya.

Menurut peneliti di Pusat Studi Nonproliferasi James Martin di California, Melissa Hanham, uji coba terakhir menunjukkan kemajian Korut dalam mengembangkan rudal yang mampu menghantam kota AS seperti Denver atau Chicago. Data awal menunjukkan bahwa jika proyektil semacam itu diluncurkan ke AS, dapat menempuh jarak sekitar 10 ribu km.

"Sudah mendekati New York," kata Hanham melalui email.

Terkait uji coba tersebut, Presiden Donald Trump mengatakan bahwa tes tersebut tindakan sembrono dan berbahaya. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih, AS akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi wilayahnya.

Uji coba terbaru ini menimbulkan juga ketegangan antara kekuatan utama dunia. AS menuduh China dan Rusia melindungi Jong-un untuk mewujudkan ambisi nuklirnya. Sebelumnya Presiden AS, Donald Trump, sempat mengaku frustasi dengan upaya China mengendalikan tetangga dan sekutunya itu. (kcna)
Silahkan KLIK LIKE :




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.