Kini Terang Benderang, Turki Bantu Rakyat Sumut Atasi Krisis Listrik Setelah 33 Tahun




Pembangkit listrik di atas kapal Turki, Karadeniz Powership Onur Sultan atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan mulai beroperasi di Belawan, Minggu (4/6) petang.

Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi menyalakan mesin pembangkit itu, sekaligus memastikan suplai listrik sudah masuk ke dalam sistem,

Setelah pasokan tambahan daya listrik, diharapkan tidak terjadi lagi pemadaman bergilir (biarpet) listrik di wilayah Sumatera Utara.

"Beroperasinya kapal listrik yang berdaya 240 Megawatt ini akan mengatasi krisis listrik di Sumbagut. Penantian saya selama 33 tahun, krisis listrik bisa teratasi, dapat terwujud," katanya di atas kapal Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan, di Belawan, Minggu (4/6).

Kapal pembangkit listrik MVPP berangkat dari Turki, Sabtu (22/4/2017). Sebulan kemudian, berlabuh dan sandar di Dermaga Khusus Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sicanang di Belawan, Minggu (21/5).

Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN Amir Rosidin, kapal ini mengangkut pembangkit apung yang akan mengalirkan daya sebesar 240 megawatt (MW). Kelebihan MVPP antara lain memiliki kemampuan dual fuel yang dapat menggunakan bahan bahar minyak (BBM), jenis heavy fuel oil (HFO) dan bahan bakar gas (BBG).

Kapal pembangkit listrik disewa PLN selama lima tahun untuk mengantisipasi defisit listrik sehingga tidak ada lagi masalah pemadamam listrik di wilayah Sumbagut. (tbn)


Silahkan KLIK LIKE :




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.