Duarr!! Sukhoi Malaysia Bombardir Kalimantan. Ini Fotonya...





Malaysia telah mengadaptasi jet tempur multi-peran Sukhoi Su-30MKM buatan Rusia untuk menjatuhkan bom berpemandu laser GBU-12 buatan A.S., dengan keberhasilan ujicoba yang dilaksanakan pada akhir tahun lalu, seperti dilansir dari Malaysian Military Power.

Dalam cuplikan video yang dibuat oleh TUDM untuk merayakan ulang tahun ke 59 tersebut menunjukkan sebuah jet tempur Su-30MKM menjatuhkan bom berpemandu laser GBU-12 Paveway II seberat 500 pon pada bulan November 2016 di pusat latihan TUDM yang ada di Kota Belud, negara bagian Sabah, Malaysia.

Namun saat berita ini diturunkan, artikel berjudul “Malaysian Su-30MKM Super Flankers Qualified to Drop GBU-12 Paveway II” yang berisi video tersebut telah dihapus.



Tidak dijelaskan bagaimana TUDM memandu senjata tersebut selama uji pelepasan GBU-12 yang mereka klaim berhasil. Namun seperti diketahui, Malaysia memiliki pod pengintai dan penargetan Thales Damocles buatan Perancis pada pesawat tempur Su-30MKM-nya untuk mengendalikan rudal udara-ke-permukaan Kh-29TE, bom dipandu laser KAB-1500L dan KAB-500L buatan Rusia.

Atau sebagai alternatif, bisa saja pasukan khusus Malaysia yang ada di lapangan memakai alat penunjuk target genggam (portable).

Malaysia juga mengakuisisi enam buah pod Advanced Targeting Forward-Looking Infrared AN/ASQ-228 buatan Raytheon pada tahun 2012 dibawah program upgrade 8 unit Boeing F/ A-18D Hornet sehingga memiliki kemampuan serangan malam hari.

Angkatan Udara Malaysia saat ini memiliki armada 49 unit pesawat tempur, antara lain yaitu: 18 unit Sukhoi Su-30MKM, 8 unit Boeing F/A-18D, 10 unit MiG-29 dan 13 BAE Hawk 208. (sumber)
Silahkan KLIK LIKE :




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.