PM China Marah Besar Lihat Indonesia Agresif Beli Senjata. Kirim Pasukan Perkuat LCS




Perdana Menteri China Li Keqiang terlihat panik melihat agresifitas negara ASEAN terutama Indonesia dalam hal memperkuat angkatan bersenjatanya. Ia menganggap itu sebagai hal yang harus diwaspadai. Terutama dalam konflik Laut China Selatan (LCS).

Dikutip radaribukota.com dari Xinhua, PM China bersumpah akan sekuat tenaga mempertahankan wilayah sengketa di Laut Cina Selatan. Dengan dalih menjaga kebebasan navigasi, Beijing tampaknya akan menambah pasukan dan menerjunkan mesin-mesin perangnya di wilayah itu.

China memang dihujani kritik internasional atas pembangunan skala besar di pulau-pulau Laut Cina Selatan. Padahal wilayah itu maasih disengketakan. Dan China melakukan klaim sepihak.

Kepada wartawan di Australia, Li mengkhawatirkan agresifnya Indonesia untuk memperkuat angkatan bersenjatanya. Dan baginya, ini merupakan sebuah ancaman yang nyata.

"Kami akan memperkuat diri di sana (LCS). Perkembangan kawasan menuntut kami melakukan itu. Termasuk negara-negara di Asia Tenggara," kata Li, Jumat (24/3).

China mengklaim sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan. Kawasan tersebut juga diperebutkan Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam. Indonesia sendiri begitu mengkhawatirkan pulau Natuna juga diklaim oleh China, sebagai jalur nelayan tradisional mereka.

Amerika Serikat memperkirakan Cina menambah lebih dari 1.300 hektare daratan di tujuh wilayah Laut Cina Selatan selama tiga tahun terakhir. Cina juga membangun landasan, pelabuhan, hanggar pesawat dan peralatan komunikasi. (Reuters, Xinhua) 
Silahkan KLIK LIKE :




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.