Dunia Geram! Pasukan Khusus Myanmar Latih Biksu di Wilayah Sengketa Laut China Selatan




Foto yang memperlihatkan biksu Buddha Myanmar berlatih perang beredar di media sosial. Pada foto itu terlihat, biksu tersebut mengenakan jubah kuning terusan dan menutupi kedua bahu.
Sementara tangannya sedang sibuk berlatih menembak. Biksu tersebut tidak sendiri. Melainkan didampingi oleh instruktur militer, yang diduga berasal dari pasukan khusus angkatan darat Myanmar.
Kemunculan foto ini jelas sangat kontroversial. Sebab, biksu Myanmar selama ini dikenal beringas dan begitu kejam terhadap umat muslim minoritas di negaranya, Rohingya.
Masyarakat dunia pun begitu marah menanggapi beredarnya foto ini. Karena jelas, setelah melakukan penyiksaan dan genosida terhadap muslim Rohingya, scenario apalagi yang dijalankan para biksu tersebut, dengan melakukan latihan militer.
Tidak jelas dimana latihan militer ini berlangsung. Banyak yang mempercayai latihan ini terjadi di Talawgyi, Kachin. Etnis Kachin adalah salah satu etnis di Myanmar yang memeluk Kristen.
Namun, seorang jurubicara urusan Organisasi Urusan Etnis Shan (SEAO) mengatakan, dengan bantuan China, aksi ini dilakukan pada sebuah pulau sengketa di Laut China Selatan.
Seperti diketahui, China hampir menyelesaikan pembangunan dari fasilitas militer di wilayah kepulauan yang disengketakan itu.



Dengan selesainya pulau di Laut China Selatan (LCS), Beijing mulai saat ini setiap saat bisa menyebarkan aset militernya, termasuk pesawat tempur dan peluncur rudal mobile.


Silahkan KLIK LIKE :




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.